Daftar urutan jabatan dalam perusahaan sangat penting untuk diketahui oleh semua orang. Jadi, ketika diterima di perusahaan, Teman Kerja akan tahu mana saja yang memiliki jabatan tinggi dan mana yang setara. Hal ini akan memudahkan kita untuk bersikap ketika bertemu.
Meski banyak sekali pemilik perusahaan yang menganggap jika mereka setara dan tidak ingin dianggap istimewa. Pada kenyataannya, kita tetap harus lebih hormat dan tidak bisa berlaku sembarangan. Itulah kenapa, begitu masuk kantor tanyakan macam macam jabatan dalam perusahaan secara langsung ke HR.
Urutan Jabatan dalam Perusahaan dan Tugasnya
1. Direksi
Posisi tertinggi dari jabatan perusahaan adalah dewan direksi. Biasanya jumlah dari direksi tidak hanya satu orang saja tetapi terdiri dari beberapa orang. Mereka adalah orang-orang yang memiliki saham terbesar pada perusahaan itu sehingga memiliki massa yang cukup besar.
Tugas dari para direksi adalah menentukan Seperti apa garis besar usaha yang sedang dilakukan. Mereka akan mengatur bagaimana bisnis dijalankan dalam 1 tahun ke depan. Kenapa setiap 1 tahun sekali atau setahun dua kali mereka akan melakukan pertemuan untuk membahas bisnis atau usaha.
2. Direktur Utama
Merupakan pengembangan dari Direksi dan keinginannya. Biasanya direktur utama adalah mereka yang juga memiliki saham cukup besar atau yang ditunjuk secara langsung. Jadi visi dan misinya akan sama persis dengan para direksi.
Orang dalam urutan jabatan dalam perusahaan ini bertugas untuk mengatur segala hal yang ada di dalam perusahaan secara spesifik. Merekalah yang akan merencanakan segala hal yang diinginkan oleh para direksi.
3. Direktur Keuangan
Hal-hal yang berhubungan dengan keuangan akan diatur secara penuh oleh seorang direktur keuangan. Merekalah orang yang mengatur arus masuk dan keluar uang dengan kebijakan-kebijakan yang sudah ditentukan oleh para direktur utama atau direksi.
4. Direktur
Merupakan pentolan dari para manajer dan mengatur berbagai hal sesuai dengan kebijakan yang berlaku. Biasanya jabatan direktur ini akan membawahi beberapa divisi yang sesuai dengan kemampuan mereka.
5. Direktur Personalia
Susunan jabatan dalam perusahaan besar umumnya memiliki manajer personalia. Seseorang dalam jabatan ini akan bertugas sebagai pengatur hal-hal yang berurusan dengan kepegawaian. Hal-hal yang bersifat rekrutmen hingga masalah-masalah kepegawaian lain seperti itu gaji akan diatur oleh manajer personalia.
6. Manajer
Seorang manajer biasanya akan membawahi divisi yang mereka mampu. Ada beberapa perusahaan manajer hanya berjumlah satu tetapi di beberapa perusahaan besar akan dibagi bagikan ke beberapa bagian. Jadi secara umum mereka adalah atasan dari para staf.
7. Manajer Pemasaran
Seorang manajer pemasaran memiliki kewajiban untuk melakukan promosi dari berbagai jenis produk atau jasa. Tugas mereka adalah meningkatkan penjualan dari suatu perusahaan untuk mendapatkan keuntungan.
Manajer pemasaran biasanya memiliki bawahan berupa orang-orang di bidang kreatif. Jadi para staf akan diarahkan untuk melakukan pemasaran yang sesuai dan meningkatkan keuntungan.
8. Manajer Pabrik
Seperti namanya tugas seorang manajer pabrik adalah untuk mengatur dan mengawasi aktivitas yang ada di dalam pabrik. Mereka akan mengatur jadwal dari para pekerja yang ada di sana dan mengatasi berbagai hal atau masalah jika terjadi.
Biasanya manajer pabrik akan mengatur seluruh hal yang ada didalamnya atau ke bagian yang lebih spesifik. Jadi akan ada beberapa manajer dalam pabrik sehingga fungsional dari produksi barang bisa berjalan dengan sempurna.
9. Staff
Tingkatan jabatan dalam perusahaan selanjutnya adalah staf. Jabatan ini sebenarnya jabatan paling rendah pada suatu perusahaan karena orang yang berada di sini tidak akan memiliki kuasa apapun. Tetapi mereka memiliki peranan yang sangat penting untuk menentukan suatu pekerjaan bisa berjalan dengan baik atau tidak.
Itulah kenapa kimia dari para staf ini sangat banyak sesuai dengan divisi mereka berada. Mereka akan melakukan berbagai hal sesuai dengan kebijakan yang berlaku. Selain itu staff juga memiliki kemungkinan untuk naik jabatan.
10. Administrasi dan Pergudangan
Urutan jabatan dalam perusahaan ini berhubungan dengan hal-hal terkait dengan administrasi. Mau bagaimanapun suatu perusahaan akan memiliki banyak sekali administrasi dan juga pergudangan yang harus diatur dengan baik.
Mereka akan berurusan dengan hal-hal yang berhubungan dengan operasional sehari-hari. Jadi kelangsungan pekerjaan yang ada di kantor akan diatur oleh orang dengan pekerjaan ini.
Penutup
Memahami urutan jabatan dalam perusahaan sangat penting untuk semua orang. Jadi, bisa menempatkan diri dengan baik jika bertemu dengan orang yang punya jabatan tertentu. Selain itu, Teman Kerja juga bisa memiliki target agar bisa naik jabatan ke level tertentu.