image

Contoh Tes Army Alpha Inteligence Disertai Cara Mengerjakan Dan Kunci Jawabannya

Penulis : admin

Salah satu tes psikotes yang sering dijumpai dalam seleksi kerja adalah Tes Army Alpha Intelegence. Tes ini relatif mudah, tidak perlu banyak berpikir, tapi batasan waktunya sangat singkat. Maka dari itu, Teman Kerja perlu memperhatikan masalah konsentrasi saat mengerjakannya.

Berbeda dengan tes psikologi untuk mengetahui kepribadian, army alpha test ini bisa dinilai benar dan salahnya, tergantung dari instruksi dan jawaban dari peserta. Tanpa panjang lebar, berikut ini Kinar berikan contoh dan kunci jawaban tes army alpha ke Teman Kerja semuanya.

pendaftaran bedah dunia kerja makin mahir id

 

 

Apa itu Army Alpha Intelegence Test?

contoh soal tes army alpha intelegence

Menurut Wikipedia, tes ini pertama kali dilaksanakan pada tahu 1917 dikelola kelompok yang dikembangkan oleh Robert Yerkes. Awalnya tes ini digunakan untuk proses rekrutmen militer AS selama perang dunia untuk mengevaluasi fungsi intelektual dan emosional tentara. Karena penggunaan pertama untuk kebutuhan militer inilah, makanya tes ini disebut Army Alpha.

Army Alpha Intelligence Test adalah sebuah tes yang berisi instruksi (perintah) tertentu dari pemberi tes kepada peserta, yang nantinya para peserta harus mengerjakan seluruh instruksi tersebut ke dalam lembaran kertas jawaban yang telah disediakan.

Para peserta biasanya akan mendapat lembar jawaban berupa gambar bangun datar dan angka. Nantinya penguji akan memberikan instruksi tertentu yang harus dikerjakan pada lembar jawaban. Instruksi ini bisa berbeda dari satu tes dengan tes yang lain, jadi jika kamu menghadapi tes ini simak baik-baik perintah dari penguji. Jangan khawatir, pada tes ini biasanya tidak ada perhitungan matematika yang rumit.

 

Tujuan Tes Army Alpha Intelegence

Dalam dunia kerja, Tes Army Alpha ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan perserta atau calon karyawan dalam memahami perintah. Dan karena setiap butir soal memiliki batasan waktu yang singkat (sekitar 5 detik per soal) maka tes ini juga bertujuan untuk mengetahui ketelitian dan konsentrasi para calon karyawan.

 

Cara Mengerjakan

Bagaimana cara mengerjakan tes Army Alpha ini? Sebenarnya sangat mudah, kalian cukup perhatikan instruksi yang dibacakan oleh penguji dan melakukannya sesuai perintah.

Baca Juga:
Jenis Psikotes Kerja Yang Sering Ditemui Dan Cara Mengerjakannya

 

Contoh Soal Tes Army Alpha Intelegence Test

Untuk lebih jelasnya, apa itu tes army alpha dan cara mengerjakannya, langsung saja liat contoh-contoh soal tesnya.

  1. Soal 1:
  2. contoh 1 tes army alpha intelegence

    Instruksi: Tuliskan angka genap kurang dari 4 pada lingkaran sesuai urutannya dan tuliskan huruf "X" pada lingkaran ke 4

    Jawaban:

    jawaban 1 tes army alpha intelegence
  3. Soal 2:
  4. contoh 1 tes army alpha intelegence

    Instruksi: Jika Mount Everest adalah gunung tertinggi di dunia, maka buatlah tanda "+" pada lingkaran di tengah; Jika tidak maka lingkari kata "TIDAK"

    Jawaban:

    jawaban 2 tes army alpha intelegence
  5. Soal 3:
  6. contoh 3 tes army alpha intelegence

    Instruksi: Tuliskan huruf "A" yang terletak di luar persegi, tetapi berada di dalam lingkaran dan segitiga; Lalu tuliskan huruf "B" yang terletak di dalam persegi, tetapi di luar lingkaran dan segitiga.

    Jawaban:

    jawaban 3 tes army alpha intelegence
  7. Soal 4:
  8. contoh 4 tes army alpha intelegence

    Instruksi: Buatlah sebuah garis di bawah huruf yang tepat mendahului huruf "E", dan buatlah pula sebuah garis yang melintang huruf kedua yang mendahului "M"

    Jawaban:

    jawaban 4 tes army alpha intelegence
  9. Soal 5:
  10. contoh 5 tes army alpha intelegence

    Instruksi: Perhatikan bahwa gambar tersebut terbagi atas 5 bagian. Tulislah angka 6 atau 8 dalam 2 bagian yang kecil dan angka antara 1 sampai 5 dalam bagian hampir paling besar

    Jawaban:

    jawaban 5 tes army alpha intelegence

    Contoh lain tes army alpha bisa kalian lihat di bawah ini:

    contoh soal tes army alpha intelligence

    Catatan:
    Contoh Soal Tes Army Alpha pada setiap perusahaan mungkin bisa berbeda dari contoh di atas. Termasuk instruksi soal juga bisa berbeda, tergantung HR atau tim penguji pada tiap perusahaan.

     

    Jawaban Tes Army Alpha Intelegence

    Untuk 5 contoh soal pada gambar terakhir, inilah kunci jawabannya dan penjelasannya.

    Kunci Jawaban
    Penjelasan
    1. Gambar kedua, keenam dan ketujuh berisi angka ganji lebih dari 5, yaitu 9, 7 dan 95; sedangkan gambar keempat berisi angka genap kurang dari 8, yaitu 4.
    2. Kombinasi huruf vokal dan angka ganjil artinya baik huruf vokal dan angka ganji ada pada satu gambar, maka dari itu gambar yang memenuhi syarat itu adalah gambar dengan kombinasi A3 dan 7E.
    3. Kriterianya adalah gambar segitiga dan angka kurang dari 8. Maka hanya gambar segitiga yang berangka 9 saja yang dicoret.
    4. Penjelasannya sama dengan no 3, hanya beda kriteria.
    5. Cukup jelas dan mudah.
    pendaftaran bedah dunia kerja makin mahir id

     

     

    Penutup

    Setelah menyimak contoh soal tes Army Alpha Intelegence di atas, seharusnya tidak terlalu sulit kan untuk dilewati. Dan karena tujuan tes ini hanya mengetahui tingkat pemahaman terhadap instruksi, maka peserta tes sangat dianjurkan untuk mendengar baik-baik perintah yang dibacakan oleh penguji, agar bisa menjawab dengan benar.

    Kalau kamu mau mencoba tes prikologi yang lain, kamu bisa mampir ke halaman assessment makinmahir.id. Tes psikologi ini bisa kamu coba gratis, cukup dengan membuat akun pribadi kamu di makinmahir.id.

Blog lainnya

Komentar

Butuh bantuan