image

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Online Lewat Email Yang Baik Dan Benar Di HP

Penulis : admin

Saat ini beberapa lowongan pekerjaan dapat dikirimkan surat lamaran kerja via email secara online. Dengan cara itu pengiriman berkas lamaran kerja akan dapat dilakukan dengan cepat dan mudah. Kemudahan ini juga dirasakan baik oleh pihak perusahaan maupun pelamar kerja sendiri. Untuk itulah perlu Teman Kerja ketahui cara membuat surat lamaran kerja online lewat email yang biak dan benar di HP, terutama HP android kalian masing-masing, agar kalian dapat menangkap peluang kerja dengan lebih cepat. Berikut ini artikel singkat Kinar buat kalian yang mau melamar kerja secara online via email.

pendaftaran bedah dunia kerja makin mahir id

 

 

Format surat lamaran kerja

Karena surat lamaran kerja itu sifatnya surat resmi ke perusahaan atau instantsi, maka sebelum kalian menulis surat lamaran kerja, ada baiknya kalian tahu dulu bagaimana format surat lamaran kerja itu. Agar surat lamaran kalian bersifat formal dan terlihat seperti seorang profesional.

  1. Cantumkan tanggal surat (opsional jika via email)
  2. Tulis kepada siapa surat ditujukan
  3. Jangan lupa salam pembuka
  4. Buat kalimat pengantar
  5. Jelaskan identitas singkat
  6. Jelaskan maksud surat
  7. Buat kalimat & salam penutup

Untuk lebih jelasnya kalian bisa lihat keterangan gambar di bawah ini:

format surat lamaran kerja

 

Contoh surat lamaran kerja via email

Contoh surat lamaran kerja via email yang diakses melalui perangkap laptop atau PC.

contoh surat lamaran kerja via email

 

Cara menulis surat lamaran kerja

Buat kamu yang belum tahu bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang dikirim melalui email beserta lampirannya, berikut ini tata cara membuat surat lamaran kerja via email dari HP android kalian:

  1. Pertama-tama, siapkan tulisan surat lamaran kerja kalian di google doc. Pastikan kalian menulisnya dengan format yang benar.
  2. Copy konten surat lamaran kerja kalian.
  3. Buka aplikasi gmail di HP kalian masing-masing. Karena pengguna android, maka otomatis kalian akan masuk ke inbox gmail, tanpa perlu membuat akun gmail terlebih dahulu.
  4. Lalu tap atau klik "Compose" atau "Buat"
  5. Pada baris "Compose email" ini bisa kalian paste saja surat lamaran yang tadi sudah dicopy.
  6. Selesai, lanjut ke tahap pengiriman email

 

Cara mengirim email surat lamaran kerja

Sebelum mengirimkan email lamaran kerja, pastikan kalian melengkapi isian kolom lain dan berkas persyaratan lamaran kerja. Langkah-langkah pengiriman emailnya:

cara mengirim surat lamaran kerja email
  1. Isi baris "From" dengan email kamu (biasanya otomatis terisi)
  2. Lalu isi baris "To" dengan email tujuan, biasanya email HR perusahaan, misal : hr@bumitekno.com
  3. Untuk baris "CC" dan "BCC" adalah bagian tembusan, diisi dengan email divisi lain diperusahaan yang berhubungan dengan posisi lowongan kerja. Isilah hanya jika diminta atau kosongi saja kalau tidak diminta mengirim tembusan. Misalnya tembusa ditujukan ke pimpinan perusahaan dengan email ceo@bumitekno.com.
  4. Bagian terpenting dari email adalah subject atau judul email. Biasanya diisi dengan Keterangan isi email yaitu lamaran kerja dan posisinya. Misalnya : Surat Lamaran Video Editor.
  5. Sertakan lampiran persyaratan melamar kerja, seperti CV, Scan Ijazah, Pas Foto, dll. Kalian bisa upload langsung dari HP atau dari akun google drive kalian jika file sudah tersedia secara online di google drive masing-masing.
  6. Kirim dengan mengklik tombol segitiga. Selesai.

Cara membuat surat lamaran kerja dalam bahasa inggris

Terkadang kalian diminta untuk mengirimkan surat lamaran kerja dengan bahasa inggris. Pada dasarnya mengirim email lamaran kerja berbahasa Inggris dan bahasa Indonesia mempunyai format dan tata cara yang tidak jauh berbeda.

pendaftaran bedah dunia kerja makin mahir id

 

Cuma dalam lamaran kerja berbahasa inggris kalian perlu perhatikan penggunaan grammar dengan tepat. Hal ini yang biasa menjadi penilaian HR apakah kandidat memiliki kemampuan berbahasa Inggris secara tertulis.

Baca Juga:
Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris & Artinya

 

Penutup

Kini kalian tak perlu bingung lagi kalau mau mengirim surat lamaran kerja online. Kalian pelajari saja cara membuat surat lamaran kerja lewat email tadi, praktis tanpa harus punya laptop atau komputer maupun sewa di rental komputer atau warnet. Setelah mengirim email surat lamaran kerja, masih banyak lagi step-step yang harus kalian jalani agar bisa diterima kerja, salah satunya adalah wawancara kerja. Tidak ada salahnya kalau kalian mempersiapkan diri dengan wawancara kerja meskipun belum mendapat panggilan wawancara. Atau bisa ikuti tips sukses, latihan dan simulasi interview dengan HR Rekruter di Kelas Siap Kerja yang diselenggarakan oleh MakinMahir.id, agar kamu lebih siap menghadapi sesi interview dengan HR perusahaan yang kamu lamar.

Blog lainnya

Komentar

Butuh bantuan