image

7 + 7 Tip Interview Kerja Pertama Kali Untuk Fresh Graduate Agar Diterima

Penulis : admin

Sesi interview menjadi ajang penentuan bagi pelamar kerja apakah kandidat layak diterima kerja atau tidak. Makanya bagi sebagian orang, terutama fresh graduate atau pencari kerja pemula, interview kerja pertama kali ini biasanya menjadi momen yang sangat menegangkan. Nah, kali ini MakinMahir.id akan bagi-bagi tip interview kerja buat kamu agar diterima kerja atau kemungkinan lolosnya menjadi meningkat.

pendaftaran bedah dunia kerja makin mahir id

 

 

Tips sebelum interview kerja

Menghadapi interview kerja boleh diumpamakan seperti menghadapi 'perang'. Diperlukan persiapan yang baik sebelum berangkat interview kerja. Lakukan tips ini buat persiapan kalau kamu mau proses interview kerjamu sukses

1. Siapkan resume / copy CV kamu

Meskipun kamu sudah mengirim semua dokumen lamaran kerja, termasuk CV, tidak ada salahnya kalau kamu siapkan lagi dokumen tersebut. Apa sih gunanya? Nah, dalam sesi wawancara terkadang pewawancara itu tidak hanya satu orang HR aja, pada kesempatan lain, manager atau bahkan direkturnya juga ikut mewawancara. Dokumen itu bisa kamu berikan kepada mereka, agar masing-masing pewawancara memegang lembar CV kamu sehingga mereka bisa langsung fokus untuk mengenali karakter dan skillmu lebih lanjut.

2. Cari tahu info tentang perusahaan

Melamar kerja juga tidak jauh berbeda dengan melamar gadis pujaan. Sebelum melamar pastikan kamu sudah mencari tahu dulu informasi tentang perusahaan itu. Selama pencarian info ini, kamu bisa menyiapkan daftar pertanyaan yang akan diajukan di sesi wawancara nanti ketika kamu diberi kesempatan. Kenapa harus siapin pertanyaan? Nanti akan dijelaskan di bagian berikutnya.

3. Cari tahu job desk yang dilamar

Mencari tahu rincian tugas dari jenis pekerjaan yang dilamar juga penting. Kamu bisa ceritakan pengalaman organisasi yang masih berhubungan dengan job deskripsi pekerjaan. Dengan begitu, HR akan lebih yakin bahwa kamu adalah orang yang tepat untuk mengisi posisi yang dicari perusahaan, meskipun kamu belum punya pengalaman kerja.

4. Antisipasi apa pertanyaan yang sering muncul

Cari tahu pertanyaan yang sering muncul dalam sesi interview kerja, lalu persiapkan jawabannya dengan baik. Misal ketika ditanya tentang kekuranganmu, siapkan jawaban dengan jujur, dan antisipasi juga pertanyaan lanjutan dari hasil jawabanmu. Buat antisipasi jawaban lanjutan yang sekiranya dapat menutup kekurang atau sisi negatif dari jawabanmu tersebut.

5. Latihan interview dengan teman

Kalau kamu termasuk orang yang baru pertama kali interview kerja, ada baiknya lakukan latihan wawancara bareng teman atau keluarga atau orang lain yang bisa membantumu. Latihan ini diperlukan agar kamu tidak canggung atau gugup saat sesi wawancara yang sesungguhnya. Tidak jarang kasus kandidat yang sudah melakukan persiapan jawaban pertanyaan interview justru buyar saat sesi interview. Hasilnya sesi interview tidak dilewati dengan mulus.

Gimana kalau kamu tidak punya orang yang bisa membantu latihan? Nah, MakinMahir.id siap membantu kamu simulasi interview bareng HR Rekruter di KelasSiapKerja setiap bulannya. Puluhan orang sudah merasakan sendiri manfaat simulasi interview ini buat kesuksesan dan kelancaran wawancara kerja. Saatnya giliran kamu.

6. Siapkan pakaian terbaik

Warna pakaian bisa menjadi kesan baik saat sesi wawancara nanti. Gunakan pakaian berwarna dominan biru, hitam atau putih. Menurut Aldino Radiansyah, S. Psi, seorang HR Rekruter dari PT. Bumi Tekno Indonesia, warna pakaian ini mempunyai arti tertentu dan bisa menjadi trik psikologi untuk menghadapi interview. Warna biru menunjukkan dapat bekerja sama dalam tim, warna hitam mengesankan jiwa kepemimpinan, dan putih menunjukkan pribadi yang terorganisir.

7. Istirahat yang cukup

Melakukan persiapan memang sebelum wawancara memang penting untuk kesuksesan interview. Tapi hal lain yang tidak kalah penting adalah istirahat yang cukup. Dengan istirahat yang cukup, badan dan pikiran kamu akan lebih segar saat menghadapi wawancara yang sebenarnya. Dengan begitu, kamu bisa lebih rileks dalam menghadapi interview kerja.

 

Tips saat interview kerja pertama kali

Buat kamu yang sudah melakukan interview kerja beberapa kali, kamu mungkin sudah tahu bagaimana cara menghadapi interview kerja, tapi bagi pemula akan lain ceritanya. Nah ini dia tips saat interview kerja bagi pemula yang bisa kamu coba:

1. Datang Tepat Waktu

Terlambat datang interview adalah perkara yang tidak bisa ditolerir. Dalam sesi wawancara biasanya HR akan mewawancarai puluhan orang. Keterlambatan justru akan merugikan diri sendiri, yaitu tertundanya giliran interview hingga dicap tidak disiplin oleh HR. Datanglah tepat waktu atau beberapa menit sebelum jadwal wawancara, ini akan memberi waktu mengkondisikan diri dengan keadaan di tempat wawancara.

2. Posisi duduk yang benar

Jika tiba giliranmu dipanggil interview, sebelum memposisikan diri di kursi, ada baiknya mitalah ijin kepada pewawancara untuk duduk. Setelah mendapat persetujuan, posisikan dirimu dengan benar, dengan cara duduk tegak tanpa bersandar tanpa membungkuk, posisi tangan hingga pergelangannya saja berada di atas meja. Saat inilah, jika kamu melihat ada 2 orang pewawancara atau lebih, kamu bisa berikan copy CV kamu kepada pewawancara agar mereka bisa lebih fokus dengan sesi inti tanpa ada distraksi kepada hal lain.

3. Lakukan Kontak Mata

Pada saat menjawab pertanyaan, lakukan kontak mata terhadap pewawancara. Kontak mata ini adalah salah satu bentuk penghormatan terhadap lawan bicara. Jangan terlalu sering membuang pandangan ke arah lain, ini bisa menunjukkan kalau kamu tidak siap menghadapi wawancara. Bahkan gerak-gerik mata bisa menunjukkan apakah si kandidat menjawab dengan jujur atau bohong.

4. Berikan jawaban dengan antusias

Cara menjawab pertanyaan juga merupakan faktor penting. Salah satunya antusiasme kandidat dalam menjawab pertanyaan. Ini merupakan salah satu penilaian bahwa si kandidat serius ingin mendapatkan posisi yang dilamar. Jawaban antusias dapat dilihat dari nada bicaranya yang semangat, dan jawaban yang pas, tidak terlalu singkat dan juga tidak terlalu bertele-tele. Ciri-ciri HR menilai kamu menjawab dengan antusias bisa kamu lihat jika HR melontarkan pertanyaan lanjutan dari jawabanmu, bukan hanya mengajukan pertanyaan wajib.

5. Jawablah pertanyaan secara diplomatis

Selain antusias, kandidat juga sebaiknya bisa memberikan jawaban yang diplomatis. Jawaban diplomatis adalah jawaban jujur sesuai dengan konteks pertanyaan pewawancara. Terkadang tidak setiap pertanyaan harus dijawab terus terang apa adanya, inilah pentingnya menjawab secara diplomatis. Untuk bisa menjawab diplomatis, memang harus sering berlatih atau menghadapi interview secara langsung.

6. Bertanyalah ketika diberi kesempatan

Terkadang kandidat diminta pewawancara untuk menanyakan sesuatu. Pada kesempatan ini sebaiknya kamu menanyakan pertanyaan yang sudah disiapkan sebelumnya. Bentuk pertanyaan yang diajukan sebaiknya berhubungan dengan job deskripsi yang dilamar. Misalkan di perusahaan IT, kamu bisa menanyakan "Saya melihat perusahaan anda memiliki banyak bidang usaha, dan sudah memiliki beberapa orang customer service. Kalau boleh tahu apa yang anda harapkan dari seorang admin sosial media seperti saya?" Bobot pertanyaan ini akan menjadi nilai lebih bagi kamu untuk dipertimbangkan lolos oleh HR karena menunjukkan bahwa kamu perhatian dan serius dengan lowongan kerja yang dilamar. Meskipun kamu dianjurkan bertanya, tapi jangan tanyakan 9 hal ini saat wawancara kerja kalau kamu tidak ingin kehilangan kesempatan diterima kerja.

7. Ucapkan terima kasih
pendaftaran bedah dunia kerja makin mahir id

 

Setelah pewawancara menutup sesi wawancara, jangan lupa ucapkan terima kasih karena telah diberi kesempatan untuk dapat melakukan interview. Ucapan ini juga salah satu bentuk apresiasi dari kandidat terlepas apakah nanti akan diterima atau tidak. Bentuk apresiasi kepada orang lain akan menjadi nilai tambah lagi buat kandidat untuk dijadikan bahan pertimbangan oleh HR.

 

Lewati sesi interview dengan sukses

Dengan mempraktekkan tip-tip interview kerja untuk fresh gradiate tadi, setidaknya kamu sudah melakukan proses interview dengan baik dan sukses. Berikutnya tinggal mempelajari lagi detil-detil pertanyaan wawancara kerja yang biasa ditanyakan beserta jawabannya agar proses interview kamu berjalan dengan sempurna. Dengan begitu, peluangmu untuk diterima kerja menjadi semakin besar. Selamat praktek dan semoga kamu mendapat pekerjaan impianmu.

Blog lainnya

Komentar

Butuh bantuan